October 7, 2022
Sejarah Aplikasi Telegram

GoodTekno.com – Sejarah aplikasi Telegram tidak semua orang tahu, nah, apalagi aplikasi Telegram sekarang sudah menjadi salah satu aplikasi chat yang sudah mulai banyak digunakan di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Tahukah kamu bagaimana sejarah aplikasi Telegram ini berdiri, lalu apa saja fungsi dan kegunaannya? Nah, kalau kamu belum tahu, yuk, disimak artikel berikut ini

 

 

Sejarah Aplikasi Telegram

Berikut sejarah aplikasi telegram

 

Pavel Durov
Pavel Durov

Aplikasi Telegram ini berdiri pada tahun 2013, didirikan oleh seorang bernama Pavel Durov seorang pria berasal dari Rusia. Bersama saudaranya Nikolai Durov, mereka berdua membuat aplikasi chat bernama Telegram.

Nikolai Durov sebagai pembuat prokol aplikasinya, sedangkan Pavel Durov membantu secara bisnis dalam pengembangan aplikasi ini. Mereka berdua saling bahu membahu untuk mengembangkan aplikasi chat yang ringan seabgai pesaing dari Whatsapp saat itu.

Pada saat peluncurannya pada tahun 2013, layanan chat ini langsung mendapatkan respon yang bagus dari penggunanya. Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 100 ribu pengguna aktif langsung menggunakan aplikasi ini.

Tampilan yang sederhana, mudah digunakan, serta ringan dan tidak perlu membutuhkan banyak ruang penyimpanan menjadi alasan para pengguna Telegram ini hingga saat ini di tahun 2022 sudah lebih dari 500 juta pengguna. WOW!

 

Alasan Membuat Telegram

Durov bersaudara ini bukan tanpa alasan kenapa mereka ingin membuat aplikasi ini. Ya, alasannya adalah mereka ‘membenci’ WhatsApp. Pavel Durov pada wawancaranya bilang bahwa WA sendiri adalah aplikasi yang susah diandalkan.

Dlaam wawancaranya, dirinya juga mengatakan bahwa pengguna WhatsApp sudah dimanfaatkan oleh perusahaan pembuatnya untuk mendapatkan data-data pribadinya. Itu kenapa dia sangat membenci WhatsApp dan membuat aplikasi tandingannya.

Bukan main-main memang, karena Pavel sendiri adalah pencipta aplikasi pertemanan dari Rusia bernama VK(VKontakte). Aplikasi ini sendiri juga jadi aplikasi mencari teman dari Rusia yang ‘mirip’ dengan Faceboo dan juga menjadi aplikasi paling populer di Rusia.

Menurut data, bahwa aplikasi VK ini sudah digunakan lebih dari 200 ribu pengguna, dengan mendapatkan keuntungan lebih dari 4 Milyar Dollar. WOW! Tak heran, kenapa aplikasi Telegram menjadi aplikasi yang mudah dan murah. Tidak ada pembayaran di dalamnya atau iklan.

Pada tahun 2020, aplikasi ini mendapatkan guyuran ‘modal’ yang cukup banyak dari perusahaan asal Dubai. Tentunya dengan modal tersebut aplikasi Telegram akan lebih mudah dan nyaman digunakan.

Kegunaan Aplikasi Telegram

Berikut kegunaan dari aplikasi Telegram

Di dalam aplikasi Telegram sendiri terdapat banyak kegunaan dan fungsinya. Ya, selain kamu bisa chat lewat aplikasi ini, terdapat juga kelebihannya, kamu bisa menyimpan segala bentuk file, gambar dan videomu hanya dengan mengirim pesan kepada dirimu sendiri dengan unlimited.

Selain itu, ada fitur stiker yang mirip dengan WA yang bisa kamu gunakan, kamu bisa membuat stiker lucu lewat aplikasi yang nantinya kamu bisa gunakan di Telegram.

Selain itu, terdapat juga fitur grup hingga bisa menampung lebih dari 1000 pengguna lho. Lumayan kan, bisa jadi grup sekolahan. Haha.

Tak hanya itu, gaes~ di aplikasi Telegram, kamu juga bisa menggunakan fitur panggilan video call, panggilan suara yang lebih bagus dan lebih ngirit kuota daripada menggunakan WhatsApp.

Terdapat juga fitur chat Telegram via desktop atau PC/laptop jika kamu tidak sedang berada di depan layar HP. Tentunya akan mempermudah kamu yang mager buka HP.

 

Nah, di atas adalah sejarah aplikasi Telegram dan kegunaannya dan perkembangannya hingga kini. Berkat hacker Pavel Durov dan saudaranya Nikolai Durov, kita bisa menikmati aplikasi chat yang lebih ringan dan bisa gunakan di iOS dan Android tanpa membebani HP kita.